DAMPAK KETERGANTUNGAN PADA KECERDASAN BUATAN (AI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.1234/aira.v3i1.63Keywords:
Kecanduan Alat AI, Berpikir Kritis, Pendidikan Tinggi, Literasi Digital, Ketergantungan KognitifAbstract
Penelitian ini mengkaji hubungan antara kecanduan penggunaan alat berbasis kecerdasan buatan (AI tools) dan penurunan kemampuan berpikir kritis pada mahasiswa di perguruan tinggi Indonesia. Meningkatnya adopsi AI tools seperti ChatGPT, Copilot, dan Gemini dalam proses pembelajaran mendorong kemudahan akses informasi, tetapi juga menimbulkan potensi ketergantungan kognitif. Ketergantungan ini dicurigai berdampak pada menurunnya kapasitas berpikir kritis, khususnya dalam konteks akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan metode survei terhadap 100 mahasiswa aktif yang telah menggunakan AI tools untuk keperluan akademik dalam tiga bulan terakhir. Data dikumpulkan melalui kuesioner skala Likert 5 poin dan dianalisis menggunakan SPSS versi 26. Hasil uji validitas menunjukkan seluruh item memiliki nilai korelasi r > 0,195, dan reliabilitas instrumen menunjukkan nilai Alpha Cronbach > 0,70. Seluruh asumsi klasik seperti normalitas, heteroskedastisitas, dan multikolinearitas terpenuhi. Analisis regresi menunjukkan bahwa kecanduan AI tools berpengaruh negatif signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis (t = 97,854, p < 0,001), diikuti oleh faktor psikologis, gaya kognitif, intensitas penggunaan, dan literasi digital yang juga menunjukkan pengaruh signifikan. Model regresi secara simultan signifikan (F = 7,845 > F-tabel = 2,31, p < 0,001), menunjukkan kontribusi kolektif yang kuat terhadap penurunan kemampuan berpikir kritis. Temuan ini memperkuat urgensi pengembangan strategi pendidikan yang menyeimbangkan pemanfaatan teknologi dengan pelatihan keterampilan berpikir kritis. Implikasi praktis dari penelitian ini mencakup pengembangan kurikulum literasi AI dan desain pedagogis yang adaptif terhadap transformasi digital dalam pendidikan tinggi.
References
Amanda Putri Ramadhani T, N., & Syawaluddin Nasution, N. (2023). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Dalam Mencegah Efek Negatif Kecanduan Smartphone. 7(03), 508–519. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4782
Asis, A., Muchtadi, M., & Risalah, D. (2021). Berpikir Analitik Dalam Menyelesaikan Masalah Matematis Informasi Terbatas Materi Himpunan Pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Teriak. 4(4), 299. https://doi.org/10.24014/juring.v4i4.14202
Asmiyati, D. M., Jamiah, Y., & B., D. A. (2021). Productive Dispoaition Ditinjau Dari Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Perbandingan. 10(1). https://doi.org/10.26418/jppk.v10i1.44270
Chaerulisma, H. F., Fitriawan, I. D. R., Jannatin, A. A., & Rahma, F. (2023). AI Sebagai Alternatif Solusi Manajemen Tingkat Stres Mahasiswa. 13(1), 427–432. https://doi.org/10.36499/psnst.v13i1.9244
Dina Salsabila, N., Martin Kustati, N., Gusmirawati, N., & Rezki Amelia, N. (2024). Analisis Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) Menggunakan Chat GPT Terhadap Kualitas Akademik Mahasiswa. 2(11), 96–105. https://doi.org/10.62504/jimr967
Gunawan, G., Utomo, A. S. A., & Benediktus, H. S. (2021). Optimization of shipyard layout with material handling cost as the main parameter using genetic algorithm. AIP Conference Proceedings, 2376(1).
Ingriana, A. (2025). THE INFLUENCE OF E-TRUST ON CONSUMER PURCHASING BEHAVIOR IN E-COMMERCE. 1(3). https://journal.dinamikapublika.id/index.php/Jumder
Ingriana, A., Chondro, J., & Rolando, B. (2024). TRANSFORMASI DIGITAL MODEL BISNIS KREATIF: PERAN SENTRAL E-COMMERCE DAN INOVASI TEKNOLOGI DI INDONESIA (Vol. 1, Issue 1). https://journal.dinamikapublika.id/index.php/JUMDER
Ingriana, A., Gianina Prajitno, G., & Rolando, B. (2024). THE UTILIZATION OF AI AND BIG DATA TECHNOLOGY FOR OPTIMIZING DIGITAL MARKETING STRATEGIES (Vol. 1, Issue 1). https://journal.dinamikapublika.id/index.php/IJEBS
Ingriana, A., Hartanti, R., Mulyono, H., & Rolando, B. (2024). Pemberdayaan E-Commerce: Mengidentifikasi Faktor Kunci Dalam Motivasi Pembelian Online. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan (JUMAWA), 1(3), 101–110.
Juldial, T. U. H., & Haryadi, R. (2024). Analisis Keterampilan Berpikir Komputasional Dalam Proses Pembelajaran. 8(1), 136–144. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6992
Kasuma, S. A., Asrizal, A., & Usmeldi, U. (2022). Meta Analisis Efek STEM Dalam Pembelajaran Sains Terhadap Keterampilan Abad 21. 8(2), 122. https://doi.org/10.24036/jppf.v8i2.115863
Komarudin, K. (2021). Implementasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Dengan Pendekatan Saintifik. 17(1), 57–65. https://doi.org/10.21831/jpji.v17i1.39817
Kusyanto, K., Irwan, E., & Yazid, I. (2022). Implementasi Pendekatan STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif Dan Self –Efficacy. 12(2), 1–16. https://doi.org/10.23969/pjme.v12i2.5438
Maha, V. A., Derian Hartono, S., Prajitno, G. G., & Hartanti, R. (2024). E-COMMERCE LOKAL VS GLOBAL: ANALISIS MODEL BISNIS DAN PREFERENSI KONSUMEN (Vol. 1, Issue 1). https://journal.dinamikapublika.id/index.php/Jumder
Maharani, Z. H., & Kusno, K. (2023). Analisis Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Abad 21. 5(2), 127–135. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5178
Monalisa, M. (2023). Analisis Berpikir Komputasional Siswa SMP Pada Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Informatika. 2(3), 298–304. https://doi.org/10.54259/diajar.v2i3.1596
Mulyono, H., & Rolando, B. (2024). Savoring The Success: Cultivating Innovation And Creativity For Indonesian Culinary MSMEs Growth. Economics and Business Journal (ECBIS), 2(4), 413–428.
Mulyono, H., Hartanti, R., & Rolando, B. (2024). SUARA KONSUMEN DI ERA DIGITAL: BAGAIMANA REVIEW ONLINE MEMBENTUK PERILAKU KONSUMEN DIGITAL (Vol. 1, Issue 1). https://journal.dinamikapublika.id/index.php/JUMDER
Mulyono, H., Ingriana, A., & Hartanti, R. (2024). PERSUASIVE COMMUNICATION IN CONTEMPORARY MARKETING: EFFECTIVE APPROACHES AND BUSINESS RESULTS (Vol. 1, Issue 1). https://journal.dinamikapublika.id/index.php/IJEBS
Permatasari, D. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Kegiatan Transformasional Berpikir Aljabar. 6(1), 19–27. https://doi.org/10.31629/jg.v6i1.2523
Prajono, R., Gunarti, D. Y., & Anggo, M. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMP Ditinjau Dari Self Efficacy. 11(1), 143–154. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1072
Purba, J., Sutiani, A., Panggabean, F. T. M., Silitonga, P. M., & Susanti, N. (2022). Hubungan Motivasi Belajar Dan Kepercayaan Diri Dengan Kemampuan Literasi Kimia Serta Dampaknya Terhadap HOTS Mahasiswa. 4(2), 191. https://doi.org/10.24114/jipk.v4i2.39459
Putri, L. W. B., & Setiawan, B. L. T. (2025). ANALYZING THE STRATEGIC CONTRIBUTION OF SOCIAL MEDIA INFLUENCERS TO E-COMMERCE MARKETING EFFECTIVENESS. 1(2). https://journal.dinamikapublika.id/index.php/Jumder
Putri, M. A., & Simbolon, P. A. L. (2022). Model Pembelajaran Problem Solving Dan Korelasinya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. 3(3), 87–91. https://doi.org/10.37251/jee.v3i3.263
Putri, S. M., & Apriadi, D. W. (2023). Dramaturgi Dalam Motif Sharing Di Instagram Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. 5(1), 31–42. https://doi.org/10.33366/jkn.v5i1.249
Rahardja, B. V., Rolando, B., Chondro, J., & Laurensia, M. (2024). MENDORONG PERTUMBUHAN E-COMMERCE: PENGARUH PEMASARAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KINERJA PENJUALAN (Vol. 1, Issue 1). https://journal.dinamikapublika.id/index.php/JUMDER
Rahmawati, N. D., Rodliyah, I., & Saraswati, S. (2023). Analisis Penerapan Strategi Blended Learning Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. 7(1), 516–526. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1607
Rolando, B. (2018). Tingkat Kesiapan Implementasi Smart Governance di Kota Palangka Raya. UAJY.
Rolando, B. (2024). CULTURAL ADAPTATION AND AUTOMATED SYSTEMS IN E-COMMERCE COPYWRITING: OPTIMIZING CONVERSION RATES IN THE INDONESIAN MARKET (Vol. 1, Issue 1). https://journal.dinamikapublika.id/index.php/IJEBS
Rolando, B., & Ingriana, A. (2024). SUSTAINABLE BUSINESS MODELS IN THE GREEN ENERGY SECTOR: CREATING GREEN JOBS THROUGH RENEWABLE ENERGY TECHNOLOGY INNOVATION (Vol. 1, Issue 1). https://journal.dinamikapublika.id/index.php/IJEBS
Rolando, B., & Wigayha, C. K. (2024). Pengaruh E-Wom Terhadap Keputusan Pembelian Online: Studi Kasus Pada Pelanggan Aplikasi Kopi Kenangan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan (JUMAWA), 1(4), 193–210.
Rolando, B., Chandra, C. K., & Widjaja, A. F. (2025). TECHNOLOGICAL ADVANCEMENTS AS KEY DRIVERS IN THE TRANSFORMATION OF MODERN E-COMMERCE ECOSYSTEMS. 1(2). https://journal.dinamikapublika.id/index.php/Jumder
Rolando, B., Nur Azizah, F., Karaniya Wigayha, C., Bangsa, D., Jl Jendral Sudirman, J., Jambi Selatan, K., & Jambi, K. (2024). Pengaruh Viral Marketing Shopee Affiliate, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Shopee. https://doi.org/10.47065/arbitrase.v5i2.2167
Rusdha, D. M., Lestari, I., & Sapriati, A. (2022). Hubungan Konsep Diri Dan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Hasil Belajar Ipa. 9(1). https://doi.org/10.25134/pedagogi.v9i1.4766
Sappaile, B. I., & Pahrijal, R. (2023). Hubungan Antara Self-Leadership Dan Penyesuaian Akademik Pada Mahasiswa Baru: Tinjauan Terhadap Strategi Self-Leadership Dan Dampaknya Pada Prestasi Akademik. 1(03), 173–180. https://doi.org/10.58812/jpkws.v1i03.424
Sari, D. K. (2023). Kualitas Pembelajaran Rally Coach Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Pohon (Tree). 5(2), 217–222. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5510
Shafira Azzahra Wiradikara, N., & Susandari, N. (2022). Hubungan Character Strength Dengan Subjective Well-Being Pada Mahasiswa Kota Bandung Yang Melaksanakan E-Learning. 2(1). https://doi.org/10.29313/bcsps.v2i1.352
Suhartini, T., & Amaliyah, N. (2024). Hubungan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Siswa Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas Iv Sd Negeri Di Jakarta Selatan. 10(1), 414. https://doi.org/10.30998/rdje.v10i1.22652
Sukmawan, I., Sridana, N., & Novitasari, D. (2022). Hubungan Konsep Diri Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Matematis Siswa SMP Negeri 18 Mataram Tahun Pelajaran 2021/2022. 7(3b), 1564–1571. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.816
Syafitri, E., Armanto, D., & Rahmadani, E. (2021). AKSIOLOGI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (Kajian Tentang Manfaat Dari Kemampuan Berpikir Kritis). 4(3), 320. https://doi.org/10.54314/jssr.v4i3.682
Tan, D. M., & Alexia, K. R. (2025). THE INFLUENCE OF TIKTOK AFFILIATE CONTENT QUALITY AND CREDIBILITY ON PURCHASE DECISIONS VIA THE YELLOW BASKET FEATURE. 1(2). https://journal.dinamikapublika.id/index.php/Jumder
Triyani, I., & Azhar, E. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. 5(3), 3148–3159. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.955
Widjaja, A. F. (2025). FACTORS INFLUENCING PURCHASE INTENTION IN E-COMMERCE: AN ANALYSIS OF BRAND IMAGE, PRODUCT QUALITY, AND PRICE. 1(3). https://journal.dinamikapublika.id/index.php/Jumder
Wigayha, C. K., Rolando, B., & Wijaya, A. J. (2024). PELUANG BISNIS DALAM INDUSTRI HIJAU DAN ENERGI TERBARUKAN (Vol. 1, Issue 1). https://journal.dinamikapublika.id/index.php/Jumder
Wigayha, C. K., Rolando, B., & Wijaya, A. J. (2025). A DEMOGRAPHIC ANALYSIS OF CONSUMER BEHAVIORAL PATTERNS ON DIGITAL E-COMMERCE PLATFORMS. 1(2). https://journal.dinamikapublika.id/index.php/Jumder
Winata, V., & Arma, O. (2025). ANALYZING THE EFFECT OF E-WALLET USABILITY ON CUSTOMER RETENTION IN MOBILE PAYMENT APPS. 1(2). https://journal.dinamikapublika.id/index.php/Jumder
Zahran, A. M. (2025). THE IMPACT OF MARKETING STRATEGIES ON THE SUCCESS OF THE FAST FASHION INDUSTRY: A SYSTEMATIC REVIEW. 1(3). https://journal.dinamikapublika.id/index.php/Jumder