Pengaruh Diskon Tanggal Kembar Pada E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian
Keywords:
diskon tanggal kembar, e-commerce, keputusan pembelian, strategi pemasaran, perilaku konsumen.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh diskon tanggal kembar pada e-commerce terhadap keputusan pembelian konsumen. Diskon tanggal kembar, seperti "11.11" dan "12.12," telah menjadi strategi pemasaran yang populer di berbagai platform e-commerce untuk menarik minat konsumen dengan menawarkan potongan harga yang signifikan pada tanggal-tanggal tertentu. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui survei terhadap konsumen yang berbelanja pada periode diskon tanggal kembar di berbagai platform e-commerce. Analisis dilakukan untuk melihat sejauh mana diskon tersebut memengaruhi niat dan keputusan pembelian konsumen, serta faktor-faktor lain yang turut mempengaruhi keputusan, seperti kualitas produk, ulasan, dan kemudahan transaksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diskon tanggal kembar memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, terutama bagi konsumen yang sensitif terhadap harga. Selain itu, faktor-faktor lain seperti kualitas produk dan ulasan pengguna juga turut menjadi pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pelaku bisnis e-commerce untuk merancang strategi pemasaran yang lebih efektif, serta membantu konsumen dalam memahami perilaku belanja mereka selama periode diskon besar.
References
Budianto, A. Z., & Kusuma, Y. B. (2024). Pengaruh Live Streaming Selling, Discount, Dan Kualitas Produk Terhadap Impulsive Buying Pada Pengguna E-Commerce Shopee Di Kota Surabaya. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(4), 7768–7780. https://doi.org/10.31539/costing.v7i4.10091
Budiarti, I., & M Akbar, A. (2021). E-commerce for the Development of Small Medium Enterprises. International Journal of Research and Applied Technology, 1(2), 13–17. https://doi.org/10.34010/injuratech.v1i2.5906
Chalirafi, ., Matriadi, F., Munandar, ., Sutriani, ., & Mariana, . (2021). The Influence of Consumer Innovatively, Company Reputation, and E-Trust on E-Loyalty of E-Commerce Customers in Aceh. Asian Journal of Economics, Business and Accounting, 40–49. https://doi.org/10.9734/ajeba/2021/v21i1630483
Christanto, J. M., & Aprillia, A. (2023). Peran Emosi sebagai Variabel Mediasi pada Flash Sale Shopee dan Pembelian Impulsif. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 9(1), 55–67. https://doi.org/10.35326/pencerah.v9i1.2954
Devica, S. (2020). PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP FLASH SALE BELANJA ONLINE DAN PENGARUHNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Bisnis Terapan, 4(1), 47–56. https://doi.org/10.24123/jbt.v4i1.2276
Dewobroto, W. S. (2020). Pengaruh Digital Loyalty Program Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Studi Kasus Tokopedia. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(1), 13. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i1.5459
Dwi, D. M., Pradiani, T., & Rachmawati, I. K. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DISKON, DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE MAHARANI PRIMA SKIN CARE DI BLITAR. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 8–19. https://doi.org/10.32815/jubis.v2i2.442
Dwi Yulian, T., Moko, W., & Mugiono. (2022). E-commerce fashion in Surabaya City: How e-shopping experience affects e-loyalty by moderating e-trust and e-satisfaction. International Journal of Research in Business and Social Science (2147- 4478), 11(9), 24–34. https://doi.org/10.20525/ijrbs.v11i9.2211
ELAMPARO, M. R. E. (2023). BUYING ENVIRONMENT CHARACTERISTICS OF E-COMMERCE SITES TOWARDS CUSTOMER SATISFACTION AND LOYALTY OF SELECTED BUYERS IN CAVITE. INTERNATIONAL JOURNAL OF RESEARCH IN EDUCATION HUMANITIES AND COMMERCE, 04(04), 34–45. https://doi.org/10.37602/IJREHC.2023.4405
Elviana, P., Siti Komariah Hildayanti, & Shafiera Lazuarni. (2024). Pengaruh Fear Of Missing Out, Live Streaming dan Flash Sale Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Kecantikan Impor di E-Commerce. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(2), 1318–1329. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i2.2311
Eri Mardiani, Judijanto, L., Syamsuri, S., & Sufa, S. A. (2023). Online Marketing Strategy and Customer Loyalty in E-commerce-Based Asian Business: The Case of Tokopedia and Shopee. West Science Journal Economic and Entrepreneurship, 1(04), 129–136. https://doi.org/10.58812/wsjee.v1i04.389
Febiani, T., Sari, K., & Slamet, S. (2023). Pengaruh Ulasan Pelanggan Daring dan Berbagi Pengetahuan Konsumen pada Keputusan Pembelian di TikTok Shop. Brainy: Jurnal Riset Mahasiswa, 4(2), 72–81. https://doi.org/10.23969/brainy.v4i2.72
Ferial Tri Aura, Anwar, H., & Hamid, A. N. (2023). PENGARUH MOTIVASI HEDONIS TERHADAP IMPULSIVE BUYING PADA FESTIVAL BELANJA TANGGAL KEMBAR. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 10(3), 2473–2484. https://doi.org/10.35794/jmbi.v10i3.53018
Harahap, D. A., & Amanah, D. (2022). Memahami Impulsif Buying Dalam Proses Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Performa, 19(01), 31–55. https://doi.org/10.29313/performa.v19i01.9719
Husniyyah, T., Pantjolo, D. S. W., & Pitoyo, B. S. (2024). Pengaruh Diskon, Flash Sale, dan Live Shopping terhadap Keputusan Pembelian pada Brand The Originote di Shopee (Studi pada Mahasiswa Prodi Manajemen Angkatan 2020 Universitas Bhayangkara Jakarta Raya). JURNAL ECONOMINA, 3(2), 314–328. https://doi.org/10.55681/economina.v3i2.1203
Indah Jauhari, & Dandy Kurnia. (2022). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION SECARA ONLINE MELALUI APLIKASI E-COMMERCE PADA GENERASI MILENIAL DI JAKARTA. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(2), 09–18. https://doi.org/10.56127/jukim.v1i2.90
Ivan Pramudya Artura, Fiki Anreano, Haiva Putri, Irviana Amanatul, Katon Adiluhung, Chafit Ulya, & Naufal Allam Gumelar. (2024). Pengaruh Strategi Marketing Aplikasi E-Commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Teknik Industri Uns dengan Pendekatan Psikologi Konsumen. Jurnal STIA Bengkulu : Committe to Administration for Education Quality, 10(1), 33–40. https://doi.org/10.56135/jsb.v10i1.133
Karl, D., Asdecker, B., & Feddersen-Arden, C. (2022). The Impact of Displaying Quantity Scarcity and Relative Discounts on Sales and Consumer Returns in Flash Sale E-Commerce. https://doi.org/10.24251/HICSS.2022.556
Khoirnnisa, N., & Bestari, D. K. P. (2022). Pengaruh Harga dan Strategi Promosi terhadap Keputusan Pembelian Berulang dengan Perilaku Pembelian Impulsif Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengguna GoFood di Kota Bandung). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3667–3675. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.848
Kristanto, F. H., Wimanda Rahma, H., & Nahrowi, M. (2022). Factors Affecting E-Commerce Customer Loyalty In Indonesia. Jurnal Syntax Transformation, 3(09), 1150–1164. https://doi.org/10.46799/jst.v3i09.613
Kurniawan Maranto, A. R., Rahayu, A., & Hermawan, A. (2024). Pengaruh Entrepreneurial Marketing dan Program Loyalty terhadap Loyalitas Pelanggan di E-Commerce dengan Customer Relationship Management sebagai Pemoderasi. ECo-Fin, 6(2), 269–278. https://doi.org/10.32877/ef.v6i2.1183
Lakchan U.G.C., & Samaraweera G.C. (2023). FACTORS AFFECTING IMPULSIVE BUYING BEHAVIOR OF ORGANIC BRANDED PRODUCTS AMONG CONSUMERS IN SRI LANKA. Sri Lankan Journal of Business Economics, 12(1). https://doi.org/10.31357/sljbe.v12.6443
Lestari, A., Dewi, T. R., & Wardani, I. (2023). Analisis Minat Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pertanian “Tanaman Hias” Melalui Aplikasi Shopee. Agrisaintifika: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 7(2), 247–256. https://doi.org/10.32585/ags.v7i2.4622
Losaura, F., Bodronoyo, P. I., & Wibowo, D. T. (2022). Determinant Factors of E-Loyalty in Customer-to-Customer E-Commerce Moderated by Gender. The Winners, 23(1), 81–93. https://doi.org/10.21512/tw.v23i1.7516
Mardiana, D., & Sijabat, R. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 6(1), 9–13. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v6i1.11126
Mustomi, D., Puspasari, A., & Azizah, A. (2020). ANALISIS PEMBERIAN DISKON TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DIMASA PANDEMIC COVID-19. CERMIN: Jurnal Penelitian, 4(2), 289. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v4i2.663
Muzaki, Bachr, S., Ada, R. P., & Wahyuningsih. (2020). Building Customer E-Loyalty in Online Marketing. In Proceedings of the 3rd Asia Pacific International Conference of Management and Business Science (AICMBS 2019). Paris, France: Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200410.030
Nurdiansah, A., & Widyastuti, W. (2022). PENGARUH PRICE DISCOUNT TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION DAN REPURCHASE INTENTION (STUDI PADA PENGGUNA SHOPEE FOOD). SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(8), 1495–1514. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i8.198
Oktavia, E. T., & Hanifa, N. (2023). Hubungan Promo Tanggal Istimewa Terhadap Keputusan Pembelian Di E-Commerce Shopee. Independent: Journal of Economics, 2(2), 79–91. https://doi.org/10.26740/independent.v2i2.50068
Ozen, H., & Engizek, N. (2021). Shopping online without thinking: being emotional or rational? Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 26(1), 78–93. https://doi.org/10.1108/APJML-06-2013-0066
Purnamasari, I., & Suryandari, R. T. (2023). Effect of E-Service Quality on E-Repurchase Intention in Indonesia Online Shopping: E-Satisfaction and E-Trust as Mediation Variables. European Journal of Business and Management Research, 8(1), 155–161. https://doi.org/10.24018/ejbmr.2023.8.1.1766
Purwanto, E. (2023). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SPONTAN. Journal MISSY (Management and Business Strategy), 4(1), 77–83. https://doi.org/10.24929/missy.v4i1.2760
Rafi, F., & Hermina, N. (2023). Pengaruh Content Marketing dan Price Discount terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pengguna Aplikasi Tokopedia di Kota Bandung). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2252–2258. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1857
Rahayu, D. W. S. (2019). Penerapan Diskon Dalam Menarik Minat Beli Konsumen Di Matahari Departement Store Kediri Town Square. AKUNTABILITAS: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomi, 12(2), 42–51. https://doi.org/10.35457/akuntabilitas.v12i2.915
Rini Wijaningsih, Evi Ekawati, & Adib Fachri. (2024). Peran Fear of Missing Out Memediasi Pengaruh Promo Event Tanggal Kembar E-Commerce Shopee Terhadap Impulsive Buying Tendency Pada Generasi Z Pengguna Shopee di Bandar Lampung. GEMILANG: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 4(3), 58–72. https://doi.org/10.56910/gemilang.v4i3.1531
RIZAN, M., FEBRILIA, I., WIBOWO, A., & PRATIWI, R. D. R. (2020). Antecedents of Customer Loyalty: Study from the Indonesia’s Largest E-commerce. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(10), 283–293. https://doi.org/10.13106/jafeb.2020.vol7.n10.283
Rohman, D., Triana, I., Lestari, N. A., Hanita, R., Rozak, R. W. A., & Mulyani, H. (2023). Analisis Impulse Buying Mahasiswa Pada Flash Sale dan Gratis Ongkir Shopee: Keinginan atau Kebutuhan? Jurnal Ecogen, 6(2), 156. https://doi.org/10.24036/jmpe.v6i2.14510
Rusni, A., & Solihin, A. (2022). PENGARUH MOTIVASI BELANJA HEDONIS, DISKON HARGA DAN TAGLINE “GRATIS ONGKIR” TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IMPULSIF SECARA ONLINE DI SHOPEE. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 7(2), 167–179. https://doi.org/10.38043/jimb.v7i2.3841
Sari, S. A., Jushermi, J., & Rahayu, D. D. (2024). Pengaruh Diskon Gratis Ongkos Kirim dan Pembayaran COD pada E-Commerce Shopee Terhadap Positive Emotion dan Pembelian Implusif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Riau. MANTAP: Journal of Management Accounting, Tax and Production, 2(2), 694–703. https://doi.org/10.57235/mantap.v2i2.3312
Setiyono, A. E., Chandrawatisma, C., Fanandi, R. H. S., & Heriyati, P. (2023). Antecedents of E-Loyalty as Research for the Quick Commerce Industry. Interdisciplinary Social Studies, 2(8), 2287–2299. https://doi.org/10.55324/iss.v2i8.456
Silalahi, M., & Saragih, S. P. (2021). Perancangan Website Penyedia Informasi Promosi dan Diskon. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (Justin), 9(2), 257. https://doi.org/10.26418/justin.v9i2.43463
Sutisna, N., & Sutrisna. (2023). Implementasikan Sistem Informasi dalam Mendukung Perilaku Pembelian Terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(1), 20–30. https://doi.org/10.33050/mentari.v2i1.343
Tambunan, L. theresia. (2019). FAKTOR DOMINAN PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP PRILAKU KOSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN SUATU PRODUK. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 16(1), 35–45. https://doi.org/10.31849/jieb.v16i1.2261
Wahpiyudin, C. A. B., Mahanani, R. K., Rahayu, I. L., & Simanjuntak, M. (2022). Kredibilitas Review Konsumen Pada Transaksi Di E-Commerce Sumber Informasi Dalam Keputusan Pembelian Online. Policy Brief Pertanian, Kelautan, Dan Biosains Tropika, 4(1), 199–202. https://doi.org/10.29244/agro-maritim.0401.199-202
Wangi, L. P., & . S. A. (2021). PENGARUH FLASH SALE DAN CASHBACK TERHADAP PERILAKU IMPULSE BUYING PADA PENGGUNA SHOPEE. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 5(1). https://doi.org/10.35308/jbkan.v5i1.3424
Widayat, W., Ibialty Kreatitin, F., Marsudi, M., & Wijaya, R. (2023). The driving factors of E-loyalty marketplace customer: A structural equation modeling. Journal of Innovation in Business and Economics, 6(02), 81–96. https://doi.org/10.22219/jibe.v6i02.22531
Yosepha, S. Y., Sulhendri, S., & Asmana, S. (2021). PENGARUH IKLAN DI MEDIA SOSIAL DAN POTONGAN HARGA (DISKON) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN BLIBLI.COM DENGAN PAJAK SEBAGAI VARIABEL FAKTUAL (Studi kasus pada pengikut akun Twitter @bliblidotcom). JMB : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 10(1). https://doi.org/10.31000/jmb.v10i1.4235
Zhang, M., & Shi, G. (2022). Consumers’ Impulsive Buying Behavior in Online Shopping Based on the Influence of Social Presence. Computational Intelligence and Neuroscience, 2022, 1–8. https://doi.org/10.1155/2022/6794729